Thursday, December 17, 2015

Sejarah Sumpah Pemuda



SEJARAH SUMPAH PEMUDA

Pada Tanggal 28 oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres pemuda 1 dan Kongres Pemuda ke 2, Kongres tersebut Melahirkan “Sumpah Pemuda” yang dideklarasikan oleh pemuda dari Seluruh Pelosok Nusantara. Sumpah Pemuda Tersebut pada hakekatnya merupakan alat pemersatu Bangsa dan mengkokohkan Negara. Pada Malam penutupan Kongres pada tanggal 28 oktober 1928, Ketika itu diperdengarkan Lagu – lagu Nasional ciptaan Wage Rudolf Supratman secara instrumental memakai alat musik biola (tanpa syair) dengan atas saran Sugondo Djojopuspito dan pengkibran Sang Merah Putih.
Tujuan dilahirkan Sumpah pemuda agar Sebagai Identitas Kebangsaan Negara Indonesia. Dalam Kongres Pemuda yang Salah satu Tokohnya berasal dari PI yaitu Sunario. Sunario berperan penting sebagai juru bicara dengan Makalah “Pergerakkan Pemuda dan Persatuan Indonesia”. Sunario Lahir di Madiun, Jawa Timur 28 oktober 1902 dan Wafat pada Tanggal 18 Mei 1997 Pada umur 94 Tahun, Beliau adalah Salah satu tokoh indonesia pada masa Pergerakkan Kemerdekaan Indonesia dan Menjabat di Perhimpunan Nasional. Pada tahun 1968, Sunario berprakasa Mengumpulkan pelaku tokoh dalam sejarah “Sumpah Pemuda” dan Meminta Kepada gubernur DKI Agar gedung “Kramat Raya 106” dikembalikan ke Sie Kong Liang yang berganti – ganti penyewa dan pemilik kepada bentuk semula. Tempat ini disepakati menjadi Gedung Sumpah Pemuda tetapi usulan tersebut belum tercapai.

Isi dari Sumpah Pemuda Antara lain :
Ø Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Air Indonesia.
Ø Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ø Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Penerapan Sumpah pemuda dapat dilakukan Generasi muda dengan prinsip Patriotisme dan Nasionalisme Sejak dini, tujuannya agar nilai – nilai tesebut dapat bersungguh – sungguh dihayati dan diamalkan Segenap warga negara baik dalam kehidupan pribadi Maupun Bermasyarakat.

Ada 3 Hikmah yang terkandung dalam mengenang Hari Sumpah Pemuda yakni,
v Jiwa sumpah pemuda adalah cermin dari sebuah tekad yang menggelora, komitmen dan cinta terhadap Bangsa dan Negara. Untuk mencapai satu tujuan yaitu kemerdekaan Bangsa.
v  Kedudukan Warga Negara Sejajar.
v Indonesia adalah Negara Milik kita bersama bukan milik Ras, suku dan Agama.

Kebersamaan tekad seluruh bangsa menghasilkan suatu Kemerdekaannya yang di Proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945. Kemerdekaan yang telah Kita dapatkan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk menjadi lebih baik, maju, bermartabat dan sejajar dengan bangsa – bangsa lainnya yang didasarkan oleh persatuan, kesatuan, bekerja sama dan kerja keras serta tekad maju bersama menuju harapan dan tujuan Negara Indonesia yang sejahtera dan damai. Pendidikan Bagi generasi Muda sangat dibutuhkan agar menjadikan generasi Cendekiawan yang dapat membangun Negara dan bangsa serta dapat mengenang Jasa pahlawan Yang berperan penting dalam Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Majulah Pemuda dan pemudi Indonesia teruslah bersemangat, menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia Ini, Hindarkanlah Rasa Malas karena itu dapat membuat generasi Muda tidak dapat Hidup dalam tujuan yang terarah. Tokoh – tokoh Indonesia tidak pernah putus asa dan merasa Malas dalam melahirkan “Sumpah Pemuda”.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Komentari Posting ini, dilarang SPAM atau Menulis link. Kami Akan segera menghapus komentar Anda.. Mohon berkomentar dengan santun dan sopan.. Dilarang menggunakan Kalimat jorok atau Kasar!!